Download P4W Profile

International Seminar Geospatial and Human Dimension on Sustainable Natural Resource Management

By : F.S. Putri Cantika, SP.
Posted : Wednesday, September 14, 2011

Peneliti Divisi Perencanaan dan Pengembangan Komunitas, Pusat Pengkajian, Perencanaan, dan Pembangunan Wilayah (P4W-LPPM) Institut Pertanian Bogor

Sumberdaya alam merupakan sumberdaya yang sangat melimpah dan ditemukan di berbagai wilayah. Namun demikian, pengelolaan yang sangat lemah oleh manusia menyebabkan sumberdaya alam menjadi semakin kritis dan cenderung semakin tidak tersedia.

Dua komponen penting yang kurang menjadi perhatian dalam pengelolaan sumberdaya alam adalah aspek spasial dan dimensi manusia. Aspek spasial memegang peranan penting dalam pengelolaan sumberdaya alam, yaitu dalam menyediakan informasi lokasional (geografis) beserta atribut yang menyertainya seperti luasan, perimeter, bentuk, asosiasi dan lain-lain. Dimensi manusia juga cenderung belum dikembangkan sehingga dalam proses eksploitasi, berbagai konflik seringkali terjadi yang cenderung merugikan berbagai parapihak. Dengan demikian, telaah ilmiah diperlukan sebagai media pembelajaran berbagai kasus dan pengelolaan sumberdaya alam. Telaah ini juga dapat menjadi media komunikasi berbagai parapihak yang berkepentingan secara langsung.

Untuk menunjang komunikasi antar parapihak tersebut, P4W-IPB bersama dengan berbagai institusi menyelenggarakan  seminar internasional yang mencakup kedua aspek penting tersebut yaitu komponen spasial, utamanya dengan memanfaatkan data penginderaan jauh serta komponen manusia, utamnya penduduk lokal dalam pengeolaan sumberdaya alam. Seminar ini tidak hanya menyediakan suatu forum komunikasi bagi peneliti pada kedua aspek tersebut tetapi juga membuka interaksi yang lebih intensif bagi peneliti dan praktisi lapangan yang terlibat langsung. Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta jaringan kerja dan komunikasi yang baik antara berbagai parapihak, baik dari dalam dan luar negeri.

Seminar Internasional yang diberi judul “Geospatial and Human Dimension on Sustainable Natural Resource Management” ini diselenggarakan oleh P4W IPB yang didukung oleh National Institute of Aeronautics and Space (LAPAN),  The National Coordinating Agency for Surveys and Mapping (Bakosurtanal), MAPIN,  Participatory Mapping Network (JKPP),  Forum Tata Ruang,  Common Indonesia Forum, Litbang BPN, Faculty of Human Ecology - Bogor Agricultural University (FEMA-IPB), HDP-Indonesia,  Sustainable Land Use in Asia (SLUAS),  Jabodetabek Studies, Center of Agrarian Studies (PKA), National Land Institut (STPN), Kemitraan, dan Sawit Watch. Seminar yang telah terselenggara  pada tanggal 12-13 September 2011, bertempat di gedung IPB International Convention Centre (IICC), Bogor.

Seminar ini dirancanguntuk  (i) Mengintegrasikan pemahaman antara aspek manusia dan sistem  lingkungan; (ii) Mengintegrasikan sudut pandang keilmuan yang mencerminkan pengakuan atas hal hal mendasar mengenai bagaimana aktivitas manusia pada lahan dapat mempengaruhi sisitem pada bumi dan respon dari sistem manusia-lingkungan; (iii) Memfasilitasi para peneliti Indonesia dan Internasional serta para praktisi yang bekerja  pada isu-isu lahan dan sumberdaya untuk mengkomunikasikan hasil kerja mereka; (iv)Menghubungkan antara hasil penelitian dengan kebijakan dan aksi. Seminar ini terdiridari tiga tema utama temauntuk mengakomodasiisu-isu terbaru yang berkembang sesuai dengan topik seminar.Seminar ini dibagi menjadi tiga buah sesi, yakni sesi pleno, sesi paralel, dan sesi poster. Sesiplenoyang diselenggarakan dihari pertama seminar.dengan menghadirkan key note speaker, yakni ProfYukioHimiyama(Inst. Geografi, Hokkaido • University of Education , Jepang); DrJoyo Winoto(dalam konfirmasi, Kepala BPN , Indonesia).  Sesi poster dan pameran diisi dengan poster-poster presentasi dari para peserta yang lolos seleksi abstrak. Adapun  sesi paralel diselenggarakan seusai sesi pleno pada tiga ruangan berbeda sesuai dengan tiga topik utama dalam seminar ini yakni: Sesi Geospasial (GeoSARNas 2011) dengan tema “Emerging Geospatial Information Retrievals and Applications”; Sesi Perencanaan Tata Ruang dan Studi JABODETABEK dengan tema “Dimensi Politik dalam Penataan Ruang Nasional & Lokal” dan “Ekspansi Perkotaan, Isu-isu Sosial dan Lingkungan.”; serta sesi The Commons, Food and Environmental dengan tema ‘InstitusiLokaldalamPengelolaan Sumberdaya Alam:Maknadan Tantangannya” dan “Climate Change Induced Environmental Degradation and Food Crisis ”.  Sesi paralel diisi dengan presentasi oral dari para peserta yang lolos proses seleksi abstrak.

Dari Jumlah peserta yang mencapai 125 orang peserta baik dari dalam maupun luar negeri, dalam penyelenggaraan seminar ini telah terkumpul  90 abstrak ( 48 GeoSARNas; 24 Spatial Planning & Jabodetabek Studies; 19 The Commons, Food, & Environment), 57 Makalah ( 32 GeoSARNas 2011; 13 Spatial Planning & Jabodetabek Studies; 12 The Commons, Food, & Environment), dan 51 Poster ( 33 poster + 18 panel poster dari STPN (23 meter)). 


Other Articles